Minggu, 23 Desember 2018

Rumput Teki dan Manfaatnya








               Rumput teki yang memiliki nama latin Cyperus Rotundus adalah tanaman yang sering dianggap seperti gulma. Rumput teki ini berasal dari berasal dari Afrika, Asia Selatan, Eropa Tengah dan Selatan. Kata Cyperus berasal dari Bahasa Yunani yaitu kyperos dan rotundus yang berarti putaran.


            Rumput teki berasal dari kingdom plantae (tumbuhan), sub kingdom Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh). Mereka dapat menghasilkan biji dan juga termasuk tumbuhan berbunga dan berkeping satu.
            Tanaman rumput teki biasanya tumbuh liar di tempat terbuka atau sedikit terlindung dari sinar matahari, seperti di tanah kosong, tegalan, lapangan rumput, pinggir jalan, atau di lahan pertanian, dan tumbuh sebagai gulma yang sulit dikendalikan dan diberantas. Rumput teki berbentuk umbi yang sebenarnya adalah tuber, modifikasi dari batang dan memiliki geragih (stolon) yang mampu mencapai kedalaman satu meter. Teki dapat tumbuh baik bila tersedia air yang cukup, toleran terhadap genangan, dan juga mampu bertahan pada kondisi kekeringan. 

Adapun ciri – ciri rumput teki antara lain sebagai berikut:

  1. Rumput teki merupakan tanaman perennial (tahunan) yang dapat tumbuh hingga mencapai 140 cm.
  2. Daunnya tumbuh dengan tiga jajaran dasar yang panjangnya sekitar 5-20 cm, biasanya terdiri dari 4-10 helai daun yang tumbuh pada pangkal batang
  3. Batang bunganya memiliki penampang segitiga yang tumbuh tajam ke atas. 
  4. Bunganya biseksual dan kepala bunga memiliki 3-8 bias tak sama. Berbunga majemuk berupa bulir dengan jumlah sekitar 5-25 bunga.
  5. Bunga berwarna kuning kecoklatan dan berbentuk seperti payung.
  6. Akar atau rimpangnya awalnya berwarna putih, lama kelamaan berwarna coklat kemerahan hingga hitam, berdaging dengan diameter 25 mm. Beberapa rimpangnya dapat tumbuh di permukaan tanah, rimpang lainnya tumbuh berumpun secara horizontal atau ke bawah .
Rumput teki yang tumbuh liar di halaman rumah biasanya hanya dipotong habis dan dibuang karena dianggap sebagai tanaman liar pengganggu. Namun setelah diteliti, rumput teki memiliki kandungan protein dan daunnya mengandung antioksidan, silikon monoksida, kalsium oksida dan senyawa klorin. Kandungan ini dapat bermanfaat untuk kesehatan. Antara lain, antioksidan bermanfaat untuk meredakan nyeri haid, kanker, Kista ovarium dan mioma, masalah ginjal dan diabetes, luka pendarahan, tekanan darah tinggi, demam, disentri, asma, bahkan dapat menghilangkan ketombe.







source : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rumput Teki dan Manfaatnya

  source : klikteknik                Rumput teki yang memiliki nama latin Cyperus Rotundus adalah tanaman yang sering di...